Kegiatan

275 Mahasiswa FSH Ar-Raniry diberi Pembekalan Magang

275 Mahasiswa FSH Ar-Raniry diberi Pembekalan Magang

AR-RANIRY| Sebanyak 275 mahasiswa fakultas syariah dan hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh diberi pembekalan untuk melakukan magang pada beberapa istansi yang telah ditentukan. Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Senin (3/7/2017) berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy kampus setempat.

Dalam arahannya, Rektor memberikan apresiasi kepada civitas akademika fakultas syariah dan hukum atas inisiasi untuk memfasilitasi kegiatan magang kepada mahasiswa, karena magang merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam proses belajar di sebuah perguruan tinggi seperti UIN Ar-Raniry ini.

“Dalam konteks era globalisasi ini, seseorang harus memiliki keterampilan untuk memudahkan dalam pekerjaan di masa mendatang, kegiatan magang mahasiswa ini merupakan tempat baginya untuk mengaplikasi dan mereka dapat mengukur diri apa yang telah dipelajari selama dibangku kuliah,” ujarnya.

Farid berpesan kepada mahasiswa khususnya peserta magang untuk serius mengikuti program magang ini, mahasiswa akan dinilai karena ini bagian dari pada kurikulum di FSH, apalagi bobotnya sampai 4 SKS.

“Masing-masing instansi memiliki aturan, manajemen dan kebiasaan tersendiri. Kami mengharapkan kepada peserta magang ini dapat menjaga diri dan nama baik lembaga UIN Ar-Raniry, mari berikan yang terbaik karenhal tersebut akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak,” imbuh Farid.

Dekan FSH UIN Ar-Raniry, Dr. Khairuddin, M.Ag mengatakan, mahasiswa FSH ini akanmelaksanakan magang selama satu bulan, kegiatan magasng ini dilakukan untuk memberikan pengarahan kepada peserta sebelum mereka berhadapan langsung dilapangan.

“Kegiatan magang ini dilakukan dua gelombang, untuk gelombang pertama berlangsung mulai 4 juli hingga 4 Agustus mendatang, sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan pada 4 Agustus hingga 5 September mendatang,” ujarnya.

Dekan menambahkan, magang tersebut dilaksanakan agar mahasiswa dapat  mengimplementasikan ilmu yang telah mereka peroleh di bangku kuliah selama ini, sesuai dengan kerangka kualifikasi nasional (KKNI).

“FSH juga mempersiapkan dan memfasilitasi  mahasiswa dengan keahliah pendamping ijazah (KPI), dalam pembekalan tersebut  panitian menghadirkan beberapa narasumber,  Dr. ridwan nurdin, Msi dari Fakultas Ekonomi Unsyiah, Dr. Bismi Khalidin, M.Si, ketua prodi hukum ekonomi syariah UIN Ar-Raniry,” kata Dia.

Menurutnya, peserta magang tersebut nantinya akan melakukan magang di beberapa instansi pemerintah ditingkat provinsi dan kabupaten/kota yang berpusat di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, mereka akan ditempatkan pada instansi sesuai dengan prodi masing-masing, seperti Lembaga Keuangan, Kantor Urusan Agama, Mahkamah Syar`iah, Dinas Syariat Islam, Majlis Permusyawaratan Ulama, Majlis Adat Aceh, Kejaksaan,  Kepengecaraan, dan beberapa instansi lain. [Rel/Nat]

Skip to toolbar